Art-Wess2

Kumpulan Artikel Sehat Islami, Kesehatan Herbal dan Artikel Kesehatan Umum


Akar Kuning : Tanaman Ajaib untuk Sembuhkan Hepatitis


Akar Kuning (Fibraurea chloroleuca) adalah salah satu tanaman obat kekayaan hutan Kalimantan yang sudah terbukti khasiatnya. Akar kuning sering digunakan untuk pengobatan hepatitis, krumut (cacar) dan untuk tanaman anti santet. Banyak literatur yang sudah mengupas penelitian dari tanaman akar kuning yang ternyata mengandung zat yang sering disebut dengan hepatoprotektor.

Berdasarkan dari beberapa referensi dan penelitian akar kuning terbukti berkhasiat untuk:
  • Menambah daya tahan tubuh.
  • Memperbaiki fungsi hati (liver), berdasarkan atas kemampuannya yang dapat menurunkan kadar serum transaminase dan serum bilirubin serta dapat meningkatkan pertumbuhan sel hati.
Cara penggunaan:
Bagian batang Akar Kuning direbus hingga air rebusannya berwarna kuning, setelah dingin air rebusan diminum.

Hepatitis(radang hati) adalah peradangan pada hati, dapat disebabkan karena minum alkohol berlebihan dan penyalahgunaan obat-obatan atau terlalu banyak dosis. Bisa juga terinfeksi virus hepatitis yang dapat menyebabkan komplikasi pada organ hati. Sebagai informasi awal bahwa akar kuning banyak tumbuh di daerah Kalimantan Barat terutama di Ngabang, Bengkayang dan Ketapang. Secara khusus di Kabupetan Ketapang akar kuning sangat mudah ditemukan di hutan-hutan daerah Kecamatan Sandai, Nanga Tayap dan Sungai Laur. Tentu saja akar kuning juga mudah ditemukan di kawasan Taman Nasinonal Gunung Palung Kabupaten Ketapang.

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar Anda untuk perbaikan dan kemajuan BLOG ini. Thanks

No SPAM, No Porno, No SARA

Related Posts with Thumbnails