Art-Wess2

Kumpulan Artikel Sehat Islami, Kesehatan Herbal dan Artikel Kesehatan Umum

'Junk Food' Perburuk Kualitas Sperma


Jakarta - Suka makan french fries, fried chicken, atau burger? Kaum pria ada baiknya mulai berhati-hati. Rasa yang gurih renyah dan enak sering bikin ketagihan. Kelezatan menu fastfood ini ternyata bisa membuat kualitas sperma menurun.

Makanan berperan penting dalam membentuk kesuburan bagi pria dan wanita. Karena itu dianjurkan untuk selalu makan makanan bernutrisi agar tubuh tetap sehat dan sperma berkualitas. Seperti yang dibuktikan oleh sebuah riset baru-baru ini.

Para dokter dari America’s Harvard University dan University of Murcia, Spanyol menganalisis sperma milik ratusan pria usia 18-22 tahun. Seluruh pria yang terlibat dalam studi ini memiliki kondisi prima tanpa memiliki masalah kesehatan pada sistem reproduksi mereka.

Para partisipan kemudian diminta untuk mencatat makanan apa saja yang mereka makan setiap hari selama beberapa bulan, sebelum akhirnya dinilai kembali. Hasilnya, mereka yang makan makanan tinggi lemak seperti biskuit, kue, cokelat, keripik, fried chicken, burger atau gorengan memiliki kualitas sperma yang buruk.

Mereka yang memiliki berat badan ideal dan gemar berolahraga secara teratur dan tetap makan makanan tinggi lemak juga terkena dampaknya. Mereka beresiko tinggi terhadap lemahnya sperma, sperma tak mampu bertahan hidup dalam perjalanan untuk membuahi sel telur.

Sebuah studi lain juga mendapati bahwa diet kaya biji-bjian, ikan dan banyak makan sayur serta buah segar bisa menghasilkan sperma dengan kualitas baik. Makanan bernutrisi ini meningkatkan kualitas sperma.

Seperti beberapa makanan ini, yang rasanya enak dan mampu meningkatkan kesuburan pria:
Vitamin B12
Menurut Men's Health, riset dari Yamaguchi University School of Medicine menemukan pria yang minum suplemen vitamin B12 secara rutin (1500mcg) menunjukkan peningkatan jumlah sperma dengan kualitas yang baik. Vitamin ini bisa didapat dari yoghurt, telur, dan salmon.

Vitamin C
Sebuah studi di University of Texas menemukan bahwa vitamin C bisa membantu mencegah terjadinya penggumpalan pada sperma yang menyebabkan ketidaksuburan. Sumber vitamin C ini bisa didapat dari raspberry, stroberi, jeruk, asparagus dan brokoli.

Vitamin E
Tel Aviv University menemukan pria yang banyak minum vitamin E, 200mg setiap hari tingkat kesuburannya meningkat. Vitamin E ini bisa didapat dari ubi jalar dan alpukat.

Asam lemak
Asam lemak bekerja baik untuk meningkatkan kualitas sperma untuk mampu menembus sel telur. Menurut Journal of Reproduction and Fertility, rendahnya tingkat asam lemak bisa mempengaruhi kesehatan sperma. Sumber asam lemak ini ada pada biji labu, wijen, telur, dan daging merah.

sumber :http://www.detikfood.com/read/2011/10/20/152646/1748844/900/junk-food-perburuk-kualitas-sperma

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar Anda untuk perbaikan dan kemajuan BLOG ini. Thanks

No SPAM, No Porno, No SARA

Related Posts with Thumbnails