Art-Wess2

Kumpulan Artikel Sehat Islami, Kesehatan Herbal dan Artikel Kesehatan Umum

Bahaya Duduk Terlalu Lama, "Bisa Membunuh"


Peringatan baru dari para ahli kesehatan, "duduk terlalu lama bisa membunuh". Mereka mengatakan, duduk yang terlalu lama, walau Anda rutin berolah raga, akan berdampak buruk bagi kesehatan. Itu tidak bergantung pada tempat Anda duduk, tetapi pada lamanya Anda duduk.

Hasil penelitian tersebut baru merupakan penelitian awal. Namun, beberapa peneliti mengatakan, orang yang menghabiskan banyak waktunya dengan duduk akan lebih mudah gemuk, terkena serangan jantung, bahkan meninggal. Dalam editorial yang dipublikasikan British.

"Setelah empat jam duduk, tubuh mulai mengirimkan sinya] berbahaya," kata Ekblom-Bak. Ia menjelaskan, gen-gen yang mengatur glukosa dan lemak (setelah empat jam duduk) akan tertutup dalam tubuh. Bahkan, bagi orang-orang yang berolah raga, menghabiskan waktu yang panjang.

Aktivitas menuntut Anda untuk duduk. Apalagi yang bekerja di belakang meja bisa dipastikan menghabiskan setengah hari untuk duduk. Waspadalah karena terlalu banyak duduk mengancam kesehatan Anda.

sit downDalam penelitian yang dimuat British Journal of Sports Medicine, memperingatkan agar seseorang waspada dengan kebiasaan duduk terlalu lama, karena dapat meningkatkan resiko darah tinggi, metabolisme lambat, dan peningkatan berat badan.

Resiko ini sulit ditekan sekalipun Anda berolahraga teratur tapi saat bekerja, duduk tanpa melakukan gerakan lain dalam waktu yang lama.

Tim peneliti dari Swedia membeberkan kenapa posisi duduk membahayakan. Duduk adalah posisi paling pasif setelah berbaring, sehingga membakar kalori dalam jumlah sangat sedikit. Jauh lebih banyak membakar kalori kala Anda gelisah, atau makan apel.

Lalu posisi berdiri menggerakkan otot punggung, pundak, dan kaki. Sedang duduk tidak memberi tantangan fisik apapun, malah memaksanya untuk tidak aktif.

Anatomi manusia dirancang tidak untuk menghabiskan waktu lama dengan duduk. Posisi tulang belakang secara alami berbentuk S, tapi posisi duduk memaksa tulang membentuk kurva lebih rendah, sehingga membentuk C. Otot punggung dan perut yang seharusnya menopang tulang punggung menjadi tidak berfungsi.

Belum lagi posisi dengkul yang membentuk 90 derajat, membuat otot pinggul dan harmstring menjadi pendek secara permanen dan otot bokong meregang. Peregangan otot dan sendi ini yang menyebabkan Anda rentan mengalami cedera dan rasa sakit.

Apa solusinya? Sangat mudah. Anda harus bergerak sesering mungkin. Ahli menyarankan anda untuk berdiri setiap 30 menit untuk membakar kalori dan membebaskan otot. Sekalipun Anda berdiri untuk membuat kopi, itu cukup untuk membakar 30-50 kalori dan menjaga berat tubuh.

Penelitian lebih lanjut, rata-rata orang dengan berat badan normal, berdiri lebih lama 2 jam daripada orang yang mengalami kegemukan.

Riset ini memang masih terbilang awal, namun beberapa kajian sudah menyatakan orang yang sehari-harinya menempel di kursi, terancam menjadi gemuk, terkena serangan jantung, bahkan kematian.

Dalam editorial di British Journal of Sport Medicine, Elin Ekblom-Bak, dari Sekolah Olahraga dan Ilmu Kesehatan Swedia menganjurkan pihak berwenang memilikirkan kembali definisi 'aktifitas fisik'.

Sebab, ketika lembaga kesehatan merekomendasikan aktifitas fisik minimum yang harus dilakukan sehari-hari - itu tak termasuk membatasi waktu yang digunakan dalam waktu duduk.

"Setelah empat jam duduk, tubuh muai mengirimkan sinyal-sinyal berbahaya," kata Ekblom-Bak. Dijelaskan dia, gen yang mengatur glukosa dan lemak dalam tubuh mulai berhenti bekerja.

Bagaimana dengan orang yang rajin olah raga? Ternyata, masih beresiko. Ahli dari Badan Kesehatan Dunia (WHO), mengatakan orang yang rajin olah raga tapi terlalu banyak duduk, hanya bisa selamat jika latihan dilakukan rutin setiap hari, bukan hanya kadang-kadang.

Lalu, gimana donk dengan kita2 yang keseringan "OL" berlama2 didepan PC/laptop (biasanya kalo udah chatting, lupa deh dengan waktu. Gitu juga kalo udah asyik posting ato nambah2 sobat boat pagerank ? truzz... bla..bla..bla...!!! yah...ikuti aja saran peneliti, kalo udah rasa 3 jam duduk, baiknya berdiri ato muter2 sambil rilekskan semua persendiaan lalu kembali "OL" deh. gimana sobat??? susah juga yah...aQ aja udah tau bisa lupa deh kalo lagi asyik browsing. he..3x

2 komentar:

informasi yang sangat bermanfaat, maksih sahabat.

 

Senang rasanya bisa berkunjung ke website anda" mudah-mudahan
infonya bermanfaat Terimakasih sudah berbagi

 

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar Anda untuk perbaikan dan kemajuan BLOG ini. Thanks

No SPAM, No Porno, No SARA

Related Posts with Thumbnails