Art-Wess2

Kumpulan Artikel Sehat Islami, Kesehatan Herbal dan Artikel Kesehatan Umum

Rokok "tinjauan ISLAM dan sisi KESEHATAN"


A. Ditinjau dari sisi ISLAM

“Haramkah Rokok?” menurut ISLAM. Sebenarnya bagaimana pandangan Islam terhadap rokok, makruhkah atau haram? Atau mubah?

Menurut Ustad Moch. Djoko Birmano
Assalamu `alaikum Warahmatullahi Wabaraktuh ...
Keharaman rokok tidaklah berdasarkan sebuah larangan yang disebutkan secara ekplisit dalam nash Al-Quran Al-Kariem atau pun As-Sunnah An-Nabawiyah.

Keharaman rokok itu disimpulkan oleh para ulama di masa ini setelah dipastikannya temuan bahwa setiap batang rokok itu mengandung lebih dari 4.000 jenis racun berbahaya.

Dan karena racun itu merusak tubuh manusia yang sebenarnya amanat Allah SWT untuk dijaga dan diperlihara, maka merokok itu termasuk melanggar amanat itu dan merusak larangan.

Namun banyak orang yang menganggap hal itu terlalu mengada-ada, sebab buktinya ada jutaan orang di muka bumi ini yang setiap hari merokok dan buktinya mereka masih bernafas alias tidak langsung mati seketika itu juga.

B. Ditinjau dari sisi KESEHATAN
1. Dapat menyebabkan Kanker pundi kencing,
2. Kanker perut,
3. Kanker usus dan rahim ,
4. Kanker mulut ,
5. Kanker Esofagus,
6. Kanker tekak,
7. Kanker pankrias,
8. Kanker payudara,
9. Kanker paru-paru,
10.Penyakit saluran pernafasan kronik
11.Strok,
12.pengkroposan tulang atau yang dikenal dengan osteoporosis
13.Penyakit jantung,
14.Kemandulan,
15.Putus haid awal,
16.Melahirkan bayi yang cacat
17.Keguguran bayi,
18.Bronkitis,
19.Batuk,
20.Penyakit ulser peptik,
21.Emfisima,
22.Otot lemah,
23.Penyakit gusi,
24.Kerusakan mata

Yang tersebut diatas adalah bahaya rokok bagi perokok aktif, apa itu perokok aktif ? perokok aktif adalah orang yang merokok secara langsung menghisapnya rokok, sedangkan perokok pasif adalah orang yang tidak secara langsung menghisap rokok, tetapi menghisap asap rokok yang dikeluarkan dari mulut orang yang sedang merokok.

Sedangkan bahaya asap rokok bagi perokok pasif.
1. Meningkatkan risiko kanker paru-paru dan penyakit jantung
2. Masalah pernafasan termasuk radang paru-paru dan bronkitis
3. Sakit atau pedih mata
4. Bersin dan batuk-batuk
5. Sakit kerongkong
6. Sakit kepala

Zat Yang terkandung dalam asap rokok adalah :
* 2 kali lebih banyak nikotin
* 5 kali lebih banyak karbon monoksida
* 3 kali lebih banyak tar
* 50 kali lebih zat kimia yang berbahaya bagi kesehatan

Bahaya asap rokok terhadap ibu hamil dan janin yang dikandungnya :
* Keguguran janin
* Tumbesaran janin terencat - 30% lebih tinggi
* Kematian janin dalam kandungan
* Pendarahan dari uri (abruption placenta)
* Berat badan berkurang - 20 hingga 30%

Bahaya asap rokok terhadap bayi :
* Masalah penyakit pernafasan
* Mengganggu terhadap perkembangan kecerdasan
* Jangkitan telinga
* Leukeamia
* Kanker otak 22%
* Cepat lelah
* Sindrom kematian secara mendadak

Jadi. gimana dengan KITA ???...pha masih senang merokok, emang sih susah kalo udah kesemsem ama namanya SMOKE, aQ juga mulanya sih pecandu rokok, berkat dukungan teman yg selalu beri permen karet kalo setiap aQ mo smoke di kantor akhirnya bisa juga tuh aQ ninggalin rokok. asyikk deh rasanya... mo NYOBA SOBATKU !!!

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar Anda untuk perbaikan dan kemajuan BLOG ini. Thanks

No SPAM, No Porno, No SARA

Related Posts with Thumbnails